PENGEMBANGAN MEDIA E-FLIP POCKET BOOK AUDIOVISUAL (LIPOBO) MATERI SEJARAH PENJAJAHAN INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33379/primed.v3i1.2243Kata Kunci:
Media E-Flip Pocket Book Audiovisual, Minat BelajarAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilaksanakan dominan online. Tujuan penelitian ini yakni (1) Untuk mengembangkan media E-Flip Pocket Book Audiovisual Materi Sejarah Penjajahan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar, (2) Untuk mengetahui kevalidan media E-Flip Pocket Book Audiovisual dalam pembelajaran kelas V, (3) Untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SD Negeri Ardirejo 4. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian Research and Development (R&D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-Flip Pocket Book Audiovisual layak dijadikan media pembelajaran dengan melakukan revisi berdasarkan saran para ahli materi dan ahli media. Kelayakan dapat dibuktikan melalui hasil dari validasi ahli media dengan mendapatkan skor 97% dan validasi ahli materi dengan mendapatkan skor 81.4%, maka dapat dikatakan bahwa media E-Flip Pocket Book Audiovisual ini berkualifikasi valid tanpa adanya revisi. Hasil rata-rata yang diperoleh dari angket minat belajar sebelum menggunakan media E-Flip Pocket Book Audiovisual memperoleh skor 62% berkualifikasi “Cukup”, dan hitung rata-rata yang diperoleh angket minat belajar sesudah menggunakan media E-Flip Pocket Book Audiovisual memperoleh skor 81% berkualifikasi “Sangat Baik”, oleh karena itu media pembelajaran E-Flip Pocket Book Audiovisual adalah layak dan valid digunakan dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Andi Wibowo & Dewi Suryana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.