ANALISIS PERAN SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN SUMBERMANJING WETAN
DOI:
https://doi.org/10.33379/primed.v3i1.2308Kata Kunci:
Peran Sekolah; Kurikulum 2013; Pembelajaran Daring.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sampel penelitian sebanyak 3 Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Sumbermajing Wetan, yang terdiri dari 33 guru dan 45 siswa kelas 3 sampai kelas 6. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data, menggunakan statistik deskriptif dengan tabel distribusi frekuensi relatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, sekolah berperan membuat sejumlah perencanaan dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Pada aspek pelaksanaan pembelajaran, sekolah berperan menentukan bahan ajar dan bacaan. Bahan ajar disesuaikan dengan pembelajaran daring dan dapat diakses secara online. Pada aspek penilaian dan evaluasi, sekolah berperan dalam menentukan kriteria penilaian dan evaluasi pembelajaran daring menggunakan kurikulum 2013 serta berperan untuk mengatasi kendala yang ditemui selama pembelajaran. Penerapan kirikulum 2013 dalam pembelajaran daring menemui banyak kendala, khususnya pada awal pelaksanaan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Yulia Eka Yanti, Imron Ali
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.