ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Tety Nur Cholifah a:1:{s:5:"en_US";s:37:"Universitas Islam Raden Rahmat Malang";}
  • M. Hasyim Asy'ari Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.33379/primed.v3i1.2391

Kata Kunci:

Pelaksanaan Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pelaksanaan Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar SD Ulul Albab Malang. Subyek penelitian ini adalah guru kelas dan guru pendamping. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan teori Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan perangkat pembelajaran dilakukan secara terstruktur dan terencana, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dibuat dua jenis yaitu RPP bias dan perencanaan pembelajaran individu untuk anak tunalaras, pelaksanaan pembelajaran dengan aspek pembelajaran di kelas terdapat jam tambahan untuk anak tunalaras, aktifitas belajar siswa melibatkan kegiatan mental, visual, motorik dan emosional dan evaluasi pembelajaran dibuat berdasarkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-03-27

Cara Mengutip

Cholifah, T. N., & Asy’ari, M. H. . (2023). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR. Primary Education Journal or Primary School Journal, 3(1), 41–48. https://doi.org/10.33379/primed.v3i1.2391

Terbitan

Bagian

Articles