ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33379/primed.v3i1.2391Kata Kunci:
Pelaksanaan Pembelajaran, Anak Berkebutuhan KhususAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pelaksanaan Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar SD Ulul Albab Malang. Subyek penelitian ini adalah guru kelas dan guru pendamping. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan teori Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan perangkat pembelajaran dilakukan secara terstruktur dan terencana, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dibuat dua jenis yaitu RPP bias dan perencanaan pembelajaran individu untuk anak tunalaras, pelaksanaan pembelajaran dengan aspek pembelajaran di kelas terdapat jam tambahan untuk anak tunalaras, aktifitas belajar siswa melibatkan kegiatan mental, visual, motorik dan emosional dan evaluasi pembelajaran dibuat berdasarkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Tety Nur Cholifah, M. Hasyim Asy'ari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.