PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN GAME EDUKASI ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33379/primed.v3i1.2400Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Blended Learning, Hasil Belajar.Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kinerja siswa dalam pembelajaran tematik kelas 3 SDN 02 Bringin Wajak. Sat kegiatan pembelajaran berlangsung peneliti menemukan beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa seperti : 1) Penggunaan model yang masih belum bervariasi, 2) Pembelajaran kurang efektif dan tujuan tidak tercapai secara optimal. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh model blended learing berbantuan game edukasi online terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas 3 sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan quasi exsperiment teknik pengumpulan data melalui observasi, dengan pemberian angket, pengisian soal test dan pengumpulan dokumentasi. penelitian ini menilai aspek kognitif yang menggunakan instrumen berupa test (pre-test dan pos-test). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas 3A dan 3 B SDN 02 Bringin Wajak tahun ajaran 2022 dengan jumlah 45 siswa. Data yang diperoleh dihitung dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uj T-test dengan bantuan IBM Stastistik v.23. Perhitungan yang diperoleh nilai t hitung sebesar 0,00 dan t tabel sebesar 0,206 sehingga t hitung tabel ini berarti Ho ditolak pada taraf signifikan a = 0,05. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa Ha terdapat pengaruh antara model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar kognitif. Hal ini menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Andi Wibowo, Vera Fajariyatul Maulidah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.