PENGEMBANGAN MEDIA DASI (DIORAMA SIKLUS AIR) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V SD

Penulis

  • Yulia Eka Yanti PGSD UNIRA MALANG
  • Miftahul Huda Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.33379/primed.v3i1.2406

Kata Kunci:

Media DASI (Diorama Siklus Air), Pemahaman konsep, penelitian pengembangan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk media pembelajaran yang diberi nama DASI (Diorama Siklus Air) agar pemahaman konsep siswa kelas V pada materi siklus air tema 8 subtema 1 pembelajaran 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Adapun model R&D yang dipakai adalah model 4D (Thiagarajan). Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yang diperlukan meliputi: wawancara, tes pemahaman konsep, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media DASI (Diorama Siklus Air) dinyatakan layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media mendapatkan persentase akhir  sebesar 100% dengan kualifikasi valid dan hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase akhir sebesar 86% dengan kualifikasi valid. Sedangkan angket respon siswa memperoleh persentase akhir sebesar 89% dengan kualifikasi sangat layak dan 88% dengan kualifikasi sangat layak pada kelompok besar. 2) media pembelajaran DASI (Diorama Siklus Air) dinyatakan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa berdasarkan skor rata-rata pretest kelompok kecil sebesar 54 dan skor rata-rata posttest sebesar 76 sedangkan ketuntasan klasikal pretest sebesar 40% dan klasikal sebesar 80% dengan peningkatan hasil belajar sebesar 40%. Sedangkan skor rata-rata pretest kelompok kecil sebesar 48 dan skor rata-rata posttest sebesar 74,5 sedangkan ketuntasan klasikal pretest sebesar 15% dan ketuntasan klasikal posttest sebesar 75% dengan peningkatan hasil belajar sebesar 60%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-27

Cara Mengutip

Yanti, Y. E., & Huda, M. . (2023). PENGEMBANGAN MEDIA DASI (DIORAMA SIKLUS AIR) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V SD. Primary Education Journal or Primary School Journal, 3(1), 66–74. https://doi.org/10.33379/primed.v3i1.2406

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama