PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN 1 DILEM
DOI:
https://doi.org/10.33379/primed.v3i3.2824Kata Kunci:
Metode Pembelajaran, Minat Belajar, Metode Mind MappingAbstrak
Penelitian ini dilakukan karena kurangnya minat belajar siswa selama kelas berlangsung. Guru seringkali hanya menerapkan metode pembelajaran dengan gaya ceramah, sehingga siswa cenderung pasif, bosan, dan tidak tertarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN 1 Dilem melalui metode peta pikiran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan di kelas terdiri dari empat fase: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik mind mapping dapat meningkatkan minat belajar. Hal ini juga terlihat dari meningkatnya persentase minat belajar pada setiap indikator. Perasaan senang sebesar 96% pada siklus I, meningkat menjadi 100% pada siklus II, dan indikator minat belajar kedua meningkat dari 93,5% menjadi 99%. Persentase indikator menunjukkan perhatian belajar meningkat dari 83,5% menjadi 91,5%, dan persentase indikator keterlibatan dalam pembelajaran meningkat dari 74% menjadi 83%.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Primary Education Journals
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.