PENGEMBANGAN MEDIA MEMBACA KARPACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33379/primed.v3i2.2825Kata Kunci:
Media Membaca, kemampuan membacaAbstrak
Penelitian ini dilakukan sesuia dengan latar belakang yakni ketidaksinambungan antara larangan pemerintah tentang tes membaca bagi calon siswa baru kelas 1 SD dengan uji komptensi yang ada pada jenjang kelas 1 SD, sudah tidak adanya media atau materi membaca permulaan pada tingkat kelas 1 SD, belum tuntasnya pembelajaran pengenalan huruf pada tingkat TK dikarenakan pandemic Covid-19. Peneltian ini bertujuan untuk menghasilkan memdia membaca yang valid,layak dan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD. Model penelitian pengembangan yang digunakan yakni model Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi 7 langkah penelitian yakni 1)penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2)perencanaan, 3)pengembangan format produk awal, 4)validasi, 5)revisi produk, 6)uji coba produk skala kecil, 7)revisi produk akhir. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi diperoleh skor persentase 89% dengan kategori valid. Persentase oleh ahli media sebesar 93% dengan kategori sangat valid. Kelayakan media ditunjukkan dengan angket tinjauan pengguna guru sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Kemenarikan media ditunjukkan dengan hasil angket respon siswa sebesar 100% dengan kategori sangat menarik. Peningkatan kemampuan membaca ditunjukkan dengan perbandingan hasil nilai pre-test sebesar 48,52 dan perolehan nilai post-test sebesar 84,80. Hasil uji gain (N-Gain) menunjukkan indeks 0,7 yang termasuk dalam kategori tinggi, sehingga media membaca KARPACA dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Puji Rahayu Ningsih, Diana Kusumaningrum
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.