PENGEMBANGAN MEDIA MEMBACA KARPACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Puji Rahayu Ningsih Puji Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Diana Kusumaningrum

DOI:

https://doi.org/10.33379/primed.v3i2.2825

Kata Kunci:

Media Membaca, kemampuan membaca

Abstrak

Penelitian ini dilakukan sesuia dengan latar belakang yakni ketidaksinambungan antara larangan pemerintah tentang tes membaca bagi calon siswa baru kelas 1 SD dengan uji komptensi yang ada pada jenjang kelas 1 SD, sudah tidak adanya media atau materi membaca permulaan pada tingkat kelas 1 SD, belum tuntasnya pembelajaran pengenalan huruf pada tingkat TK dikarenakan pandemic Covid-19. Peneltian ini bertujuan untuk menghasilkan memdia membaca yang valid,layak dan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD. Model penelitian pengembangan yang digunakan yakni model Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi 7 langkah penelitian yakni 1)penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2)perencanaan, 3)pengembangan format produk awal, 4)validasi, 5)revisi produk, 6)uji coba produk skala kecil, 7)revisi produk akhir. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi diperoleh skor persentase 89% dengan kategori valid. Persentase oleh ahli media sebesar 93% dengan kategori sangat valid. Kelayakan media ditunjukkan dengan angket tinjauan pengguna guru sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Kemenarikan media ditunjukkan dengan hasil angket respon siswa sebesar 100% dengan kategori sangat menarik. Peningkatan kemampuan membaca ditunjukkan dengan perbandingan hasil nilai pre-test sebesar 48,52 dan perolehan nilai post-test sebesar 84,80. Hasil uji gain (N-Gain) menunjukkan indeks 0,7 yang termasuk dalam kategori tinggi, sehingga media membaca KARPACA dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-20

Cara Mengutip

Puji, P. R. N., & Kusumaningrum, D. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA MEMBACA KARPACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Primary Education Journal or Primary School Journal, 3(2), 81–92. https://doi.org/10.33379/primed.v3i2.2825

Terbitan

Bagian

Articles