ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI NUMERASI BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN’S ANALYSIS ERROR SERTA UPAYA PEMBERIAN SCAFFOLDING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WONOSARI

Penulis

  • Dyah Ayu Pramoda Wardhani Universitas Islam Raden Rahmat
  • Wuli Oktiningrum Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Andi Wibowo Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Adzimatnur Muslihasari Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Sinta Nurfianti Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.33379/primed.v4i1.4175

Kata Kunci:

Literasi Numerasi, Newman, Scaffolding

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan Literasi Numerasi masyarakat Indonesia dikarenakan adanya kesalahan dalam mengerjakan permasalahan matematika. Berdasarkan hasil  observasi yang dilakukan di SD Negeri 1 Wonosari berupa wawancara terhadap guru kelas V, diperoleh informasi bahwa peserta didik seringkali melakukan kesalahan dalam pengerjaan soal numerasi dimana hampir 60% siswa tidak memahami maksud soal sehingga cenderung keliru dalam menyelesaikan soal. Observasi berikutnya dengan memberikan soal literasi numerasi dan diperoleh data banyak kesalahan yang dilakukan siswa baik dalam pemahaman soal maupun dalam proses penyelesaian jawaban. Hasil analisis jawaban siswa menunjukkan 3 siswa dari 16 siswa kelas V sudah menunjukkan kemampuan unggul. Tujuan penelitian ini menghasilkan kajian tentang kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal literasi numerasi sesuai tahapan Newman dan upaya mengurangi kesalahan tersebut dengan pemberian scaffolding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 2 subjek dari kelompok tinggi, 2 subjek dari kelompok sedang, dan 2 subjek dari kelompok rendah. Pengelompokan ini berdasarkan pada skor tes kemampuan literasi numerasi yang diberikan kepada siswa kelas V SD Negeri 1 Wonosari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam menyelesaikan soal literasi numerasi setelah scaffolding menunjukkan suatu peningkatan dimana siswa melakukan kesalahan yang lebih sedikit dibandingkan sebelum diberikan scaffolding. Adapun kesalahan setelah scaffolding oleh siswa dengan kelompok tinggi adalah pada tahap encoding. Kesalahan setelah scaffolding oleh siswa dengan kemampuan sedang adalah transformation, process skill dan encoding. Kesalahan setelah scaffolding oleh siswa dengan kemampuan rendah adalah transformation, process skill dan encoding.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31

Cara Mengutip

Ayu Pramoda Wardhani, D., Oktiningrum, W. ., Wibowo, A. ., Muslihasari, A. ., & Nurfianti, S. . (2024). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI NUMERASI BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN’S ANALYSIS ERROR SERTA UPAYA PEMBERIAN SCAFFOLDING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WONOSARI. Primary Education Journal or Primary School Journal, 4(1), 114–122. https://doi.org/10.33379/primed.v4i1.4175

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>