PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ROPI (RODA PINTAR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SD
DOI:
https://doi.org/10.33379/primed.v1i1.693Kata Kunci:
ROPI, Media Pembelajaran, Prestasi BelajarAbstrak
Penelitian ini mengkaji tentang prestasi belajar siswa pada kelas II materi merawat hewan dan tumbuhan melalui media pembelajaran ROPI (Roda Pintar). Tujuan penelitian ini mengembangkan produk media pembelajaran ROPI (Roda Pintar) serta mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran ROPI terhadap prestasi belajar siswa kelas II. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri II Glanggang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang menggunakan siswa sebanyak 36 siswa kelas II SD Tahun ajaran 2019-2020. Teknik dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, tes, unjuk kerja, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan (1) media dan materi pembelajaran ROPI (Roda Pintar) dinyatakan dapat digunakan dan dijicobakan di lapangan tanpa revisi setelah melewati tahap validasi media, (2) untuk mengukur prestasi belajar kognitif dibuktikan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest, (3) untuk mengukur prestasi belajar aspek psikomotor ditunjukkan dengan nilai keterampilan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Anna Triyana Larasati, Suryaman
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.