PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ROPI (RODA PINTAR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SD

Penulis

  • Anna Triyana Larasati Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Suryaman Suryaman Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.33379/primed.v1i1.693

Kata Kunci:

ROPI, Media Pembelajaran, Prestasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang prestasi belajar siswa pada kelas II materi merawat hewan dan tumbuhan melalui media pembelajaran ROPI (Roda Pintar). Tujuan penelitian ini mengembangkan produk media pembelajaran ROPI (Roda Pintar) serta mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran ROPI terhadap prestasi belajar siswa kelas II. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri II Glanggang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang menggunakan siswa sebanyak 36 siswa kelas II SD Tahun ajaran 2019-2020. Teknik dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, tes, unjuk kerja, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan (1) media dan materi pembelajaran ROPI (Roda Pintar) dinyatakan dapat digunakan dan dijicobakan di lapangan tanpa revisi setelah melewati tahap validasi media, (2) untuk mengukur prestasi belajar kognitif dibuktikan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest, (3) untuk mengukur prestasi belajar aspek psikomotor ditunjukkan dengan nilai keterampilan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-04-21

Cara Mengutip

Larasati, A. T. ., & Suryaman, S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ROPI (RODA PINTAR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SD. Primary Education Journal or Primary School Journal, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.33379/primed.v1i1.693

Terbitan

Bagian

Articles