A PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN PEMBELAJARAN KONVESIONAL
NHT
DOI:
https://doi.org/10.33379/primed.v1i2.883Kata Kunci:
Pembelajaran Tipe NHT, Hasil Belajar KognitifAbstrak
Matematika merupakan mata pelajaran yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak sedikit siswa yang merasa bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit, sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Selain faktor individu siswa yang mempersepsikan matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, juga dipengaruhi oleh penggunaan metode pembelajaran dalam penyampaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Perbedaan Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) dan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan Nonequivalent Control Group Design yang memilih kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara acak. Pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample T Test. Sampel penelitian adalah 8 siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif NHT dan 8 siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi RPP, soal tes dan dokumentasi. Dari hasil pengolahan dan analisis data terdapat informasi perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pembelajaran konvensional. Penggunaan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV pembelajaran matematika SD sebesar 27%.
Kata kunci: Numbered Head Together (NHT), Konvensional, Hasil belaja Matematika merupakan mata pelajaran yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak sedikit siswa yang merasa bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit, sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Selain faktor individu siswa yang mempersepsikan matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, juga dipengaruhi oleh penggunaan metode pembelajaran dalam penyampaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Perbedaan Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) dan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan Nonequivalent Control Group Design yang memilih kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara acak. Pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample T Test. Sampel penelitian adalah 8 siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif NHT dan 8 siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi RPP, soal tes dan dokumentasi. Dari hasil pengolahan dan analisis data terdapat informasi perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pembelajaran konvensional. Penggunaan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV pembelajaran matematika SD sebesar 27%.
Kata kunci: Numbered Head Together (NHT), Konvensional, Hasil belajar
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Roichatul Aini, Dyah Ayu Pramoda Wardhani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.