PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK SIKLUS HIDUP HEWAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.33379/primed.v1i2.886Kata Kunci:
Media Pembelajaran Big Book Siklus Hidup Hewan, Pemahaman Konsep SiswaAbstrak
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui kevalidan media big book siklus hidup hewan, (2) untuk mengetahui kelayakan media big book siklus hidup hewan, (3) untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D ( Research And Development) dengan model ADDIE untuk mengasilkan produk dan menguji kefektifan produk tersebut. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, angket respon siswa dan soal tes pretest posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) media big book valid dan dapat digunakan dengan perolehan tingkat kevalidan dari ahli media 81,4%, dari ahli materi 100%, (2) media big book layak digunakan dengan perolehan angket respon siswa 93%, (3) media big book dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan hasil uji coba soal pretest postest mengalami peningkatan 27,5%.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Elis Sofya Dewi , Yulia Eka Yanti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.