PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Khusnul Khotimah Azis Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Andi Wibowo Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.33379/primed.v1i2.889

Kata Kunci:

Model Think Pairs Share (TPS), Hasil Belajar

Abstrak

Inovasi dalam menerapkan metode atau model perlu dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe TPS pada pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen semu. Sedangkan desain penelitiannya adalah eksperimen Nonequivalent Control Group yang memilih kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara random. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T Test. Subyek penelitian adalah 41 siswa kelas III SDN 2 Sumberejo Kecamatan Gedangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perolehan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 57% dan nilai posttest sebesar 78% dengan persentase peningkatan sebesar 21%. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai pretest sebesar 47% dan nilai posttest sebesar 63% dengan persentase peningkatan sebesar 16%. Hasil uji t = 2,097 Sig. 0,043 < 0,05 dan dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh pada pembelajaran tematik yang menggunakan model TPS.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-08-21

Cara Mengutip

Azis, K. K., & Wibowo, A. (2021). PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SEKOLAH DASAR. Primary Education Journal or Primary School Journal, 1(2), 81–90. https://doi.org/10.33379/primed.v1i2.889

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama