PELATIHAN SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA

Penulis

  • Mimin Suryaning Psikologi
  • Titin Kholisna

DOI:

https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v3i2.2189

Abstrak

ABSTRAK

Disiplin belajar merupakan suatu sikap secara sadar mematuhi aturan yang berlaku dan mampu mengendalikan diri serta bertanggung jawab terhadap tugas yang dimilikinya. Apabila setiap siswa dilembaga sekolah memiliki sikap disiplin maka akan tercipta ketertiban dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pelatihan self managrment dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah dengan adanya pelatihan self management diharapkan dapat membantu siswa memiliki ketrampilan dan pengetahuan terkait self management dan membantu sekolah untuk meningkatkan disiplin belajarnya. Disiplin belajar perlu dilatih dan dikembangkan, oleh karena itu perlu adanya suatu pelatihan untuk meningkatkan disiplin belajar. Pelatihan ini menggunakan teknik self management yang dilakukan oleh seluruh siswa kelas 12 SMK Darul Hikam Bantur yang berjumlah 12 siswa. Desain penelitian mengunakan pre-eksperimen one group pre-test post-test desain. Hasil uji paired sample t-test didapat rata-rata(mean) pre-test sebesar 21,17 dan nilai rata rata (mean) post test 23,17 yang berarti terjadi peningkatan disiplin belajar siswa. Nilai Sig (2-tailed) adalah 0,004<0,05 maka disimpulkan bahwa pelatihan self management berpengaruh terhadap disiplin belajar siswa.

 

Kata Kunci: disiplin belajar siswa; pelatihan; self management

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

27-07-2023

Cara Mengutip

Suryaning, M., & Kholisna, T. . (2023). PELATIHAN SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, 3(2). https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v3i2.2189

Terbitan

Bagian

Articles