Dampak Bullying terhadap Kepercayaan Diri Anak
DOI:
https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v2i2.1501Abstrak
Perilaku bullying berdasarkan waktu ke waktu terus menghantui anak-anak Indonesia, perkara bullying yang tak jarang dijumpai adalah perkara senioritas atau adanya intimidasi murid yang senior yang dilakukan pada anak yang lebih muda kelasnya baik secara fisik juga non-fisik. Adanya kenyataan bullying ini menciptakan sesuatu hal yang umum pada sekolah-sekolah misalnya sekolah dasar juga menengah, padahal dalam Piagam Hak Asasi Anak-Anak PBB, murid pada lingkungan sekolah harusnya menerima rasa aman saat memperoleh pendidikan. Biasanya bullying terjadi dalam hubungan sosial misalnya antar sahabat sebaya Pencarian sistematis yang berbasis data elektronik atau systematic review dilakukan secara sistematis menggunakan mengidentifikasi mengenai bullying yang mempengaruhi factor. Dalam pencarian data dari beberapa sumber data jurnal nasional yang didapat menurut database elektronik misalnya Google Scholar (scholar.google.co.id), dengan tahun 2016-2022. Terdapat 4 penelitian yang dipakai dengan masing-masing memakai metode Penelitian tindakan kelas (classroom action research), Metode pendekatan cross sectional, Metode kuantitatif korelasional, & Kuesioner. Berdasarkan menurut hasil beberapa asal jurnal yang didapat, bisa dinyatakan bahwa konduite bullying bisa membawa efek dalam kepercayaan diri menurut korban.
Kata kunci: Bullying, Kepercayaan diri
Unduhan
Referensi
Aryenis. (2018). Peningkatan rasa percaya diri anak melalui kegiatan bermain peran di Taman Kanak-Kanak Restu Ibu. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 5 (2), 47 - 59.
Awaliyah, G. R. N. (2014). Meningkatkan kepercayaan diri siswa korban bullying melalui konseling individu teknik homework assigment. Indonesia Journal of Guidance and Conseling, 3 (1), 58-64.
Jelita, N. S. D. (2021). Dampak bullying terhadap kepercayaan diri anak. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 232-240.
Kundre, R. (2018). Hubungan bullying dengan kepercayaan diri pada remaja di SMP Negeri 10 Manado. e-journal Keperawatan (e-Kp), 6 (1), 1-6.
Nurpriyati, A. (2018). Hubungan antara konformitas dengan kecenderungan perilaku bullying pada siswa/i SMK Mandalahayu Bekasi. Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jakart
Sari, S. K. (2020). Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas Viii Mts Esa Nusa Islamic School Binong - Tangerang. Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, I(2), 328-338.
Sari, S. K. (2020). Pengaruh perilaku bullying terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII Mts Esa Nusa Islamic School Binong - Tanggerang. Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1 (2), 330 - 338.
Sugiariyanti. (2009). Perilaku bullying pada anak dan remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi, 1 (2), 1-9.
Zakiyah, E. L. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Jurnal Penelitian dan PPM, 4 (2), 129 - 389.
DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352
Putri, I. A. (2021). Hubungan kepercayaan diri terhadap perilaku cyberbullying media sosial pada remaja. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8 (3), 125-133.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Kalyana Tantri Putri Ayu Wardani, Ayu Anjasmoro
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author who wishes to publish articles in this journal agree with the following conditions:
- Author retains the copyright and simultaneously provides the journal the first publishing rights of the manuscript under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an initial job writing and publishing statement in this journal.
- The author can include in separate additional contractual arrangements for the rich version of non-exclusive distribution of journal publications (eg posting it to the institutional repository or publishing it in a book), with recognition of publishing initially in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post their work online (for example: in the institutional repository or on their website) before and during the submission process because it can lead to productive exchanges, as well as earlier and more powerful citations of published works. (See open access policy).