Dampak Bullying terhadap Kepercayaan Diri Anak

Penulis

  • Kalyana Tantri Putri Ayu Wardani a:1:{s:5:"en_US";s:32:"Kalyana Tantri Putri Ayu Wardani";}
  • Ayu Anjasmoro

DOI:

https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v2i2.1501

Abstrak

Perilaku bullying berdasarkan waktu ke waktu terus menghantui anak-anak Indonesia, perkara bullying yang tak jarang dijumpai adalah perkara senioritas atau adanya intimidasi murid yang senior yang dilakukan pada anak yang lebih muda kelasnya baik secara fisik juga non-fisik. Adanya kenyataan bullying ini menciptakan sesuatu hal yang umum pada sekolah-sekolah misalnya sekolah dasar juga menengah, padahal dalam Piagam Hak Asasi Anak-Anak PBB, murid pada lingkungan sekolah harusnya menerima rasa aman saat memperoleh pendidikan. Biasanya bullying terjadi dalam hubungan sosial misalnya antar sahabat sebaya Pencarian sistematis yang berbasis data elektronik atau systematic review dilakukan secara sistematis menggunakan mengidentifikasi mengenai bullying yang mempengaruhi factor. Dalam pencarian data dari beberapa sumber data jurnal nasional yang didapat menurut database elektronik misalnya Google Scholar (scholar.google.co.id), dengan tahun 2016-2022. Terdapat 4 penelitian yang dipakai dengan masing-masing memakai metode Penelitian tindakan kelas (classroom action research), Metode pendekatan cross sectional, Metode kuantitatif korelasional, & Kuesioner. Berdasarkan menurut hasil beberapa asal jurnal yang didapat, bisa dinyatakan bahwa konduite bullying bisa membawa efek dalam kepercayaan diri menurut korban.

Kata kunci: Bullying, Kepercayaan diri

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aryenis. (2018). Peningkatan rasa percaya diri anak melalui kegiatan bermain peran di Taman Kanak-Kanak Restu Ibu. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 5 (2), 47 - 59.

Awaliyah, G. R. N. (2014). Meningkatkan kepercayaan diri siswa korban bullying melalui konseling individu teknik homework assigment. Indonesia Journal of Guidance and Conseling, 3 (1), 58-64.

Jelita, N. S. D. (2021). Dampak bullying terhadap kepercayaan diri anak. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 232-240.

Kundre, R. (2018). Hubungan bullying dengan kepercayaan diri pada remaja di SMP Negeri 10 Manado. e-journal Keperawatan (e-Kp), 6 (1), 1-6.

Nurpriyati, A. (2018). Hubungan antara konformitas dengan kecenderungan perilaku bullying pada siswa/i SMK Mandalahayu Bekasi. Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jakart

Sari, S. K. (2020). Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas Viii Mts Esa Nusa Islamic School Binong - Tangerang. Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, I(2), 328-338.

Sari, S. K. (2020). Pengaruh perilaku bullying terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII Mts Esa Nusa Islamic School Binong - Tanggerang. Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1 (2), 330 - 338.

Sugiariyanti. (2009). Perilaku bullying pada anak dan remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi, 1 (2), 1-9.

Zakiyah, E. L. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Jurnal Penelitian dan PPM, 4 (2), 129 - 389.

DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352

Putri, I. A. (2021). Hubungan kepercayaan diri terhadap perilaku cyberbullying media sosial pada remaja. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8 (3), 125-133.

Diterbitkan

31-01-2022

Cara Mengutip

Wardani, K. T. P. A., & Anjasmoro, A. (2022). Dampak Bullying terhadap Kepercayaan Diri Anak. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, 2(2). https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v2i2.1501

Terbitan

Bagian

Articles