Pedoman Penulisan

Seluruh artikel yang dikirimkan pada jurnal Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, ditulis dalam bahasa Indonesia ataupun juga bahasa Inggris. Para author bertanggung jawab sepenuhnya terhadap isi naskah yang ditulis dan naskah merupakan karya ilmiah yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Berikut ini merupakan petunjuk penulisan artikel yang berlaku dalam Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Raden Rahmat, Malang.

Judul

⮚     Judul artike ditulis secara singkat (maksimal 20 kata) dan informatif menggunakan jenis font Arial (body) ukuran 14 pt dan tebal. Jika ada subtitle, jenis huruf yang digunakan sama dengan judul utama.

⮚     Nama penulis tertulis lengkap tanpa gelar akademis dan afiliasinya dengan font Arial 10 (sepuluh) huruf tebal.

Abstrak

⮚     Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan jenis huruf Arial, ukuran 10 pt, spasi 1 (single), satu kolom, margin kiri dan kanan menjorok 10 mm dari batas margin utama.

⮚     Isi abstrak terdiri dari poin penting yang memuat latar belakang penelitian, tujuan, metode, serta hasil penelitian. Jumlah kata pada abstrak minimal 150 kata dan maksimal 200 kata.

⮚     Kata kunci dituliskan dalam 3 - 5 kata/frasa yang sebaiknya merupakan subset dari judul artikel dan dipisahkan dengan tanda baca koma (,) antar kata/frasa.

Pendahuluan

⮚     Penyajian bagian pendahuluan dilakukan secara naratif, dan tidak perlu pemisahan dari satu subbagian ke subbagian lain. Pemisahan dilakukan hanya dengan pergantian paragraf.

⮚     Isi pendahuluan meliputi latar belakang, rangkuman kajian pustaka, dan diakhiri dengan tujuan penelitian.

Metode Penelitian

⮚     Bagian ini menjelaskan tentang cara bagaimana penelitian dilakukan. Penulisan peringkat judul bagian/bab dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua judul bagian dan sub-bagian dicetak tebal atau tebal dan miring), dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul bagian.

⮚     Bagian/ isi dari metode penelitian umumnya hanya 20-30% dari total artikel.

Hasil dan Pembahasan

⮚     Bagian hasil dan pembahasan memuat hasil analisis data (bukan data mentah). Penyajian hasil dapat dibantu dengan tabel atau grafik dan harus disertai penjelasan atau pemberian makna hasil analisis.

⮚     Bagian ini juga wajib dilengkapi dengan pembahasan yang berisi diskusi hasil penelitian terhadap penelitian terdahulu, teori, atau pengetahuan yang sudah mapan, disertai rujukan. Hasil penelitian dapat didukung, tidak didukung, atau bahkan bertentangan.

Kesimpulan dan Saran

⮚     Kesimpulan berisi ringkasan hasil pembahasan dan generalisasi atas hasil penelitian yang dilakukan. Sedangkan,

⮚     Saran merupakan rekomendasi yang diberikan author baik berupa tindakan praktis, pengembangan teori, maupun penelitian lanjutan.

Ucapan Terimakasih (jika ada)

⮚     Sebutkan nama pemberi dana dan pemberi fasilitas yang membantu dalam proses penelitian

Referensi

⮚     Penulisan kutipan dan perujukan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama belakang, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan.

⮚     Artikel wajib memuat minimal 10 referensi primer dan terbaru (10 tahun terakhir).

 

Ketentuan Lain:

  1.  Penulisan konten bukan tanggung jawab editor dan editor berhak untuk melakukan perubahan dan memperbaiki tata bahasa setiap skrip yang dimuat.
  2. Gunakan salah satu alat untuk manajemen referensi, mis. Fitur manajemen referensi Microsoft Word, Zetero, Mendeley.
  3. Naskah artikel dikirim melalui OJS ini, dimana setiap penulis diharuskan mengunduh template jurnal sebagai referensi ke naskah yang akan diterbitkan oleh Psikodinamika.