PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDAM (VIDEO ANIMASI) PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 3 SD
DOI:
https://doi.org/10.33379/primed.v2i2.1613Kata Kunci:
Media VIDAM, Minat BelajarAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dan pemanfaatan media pembelajaran video khususnya pada pembelajaran tematik kelas 3 SDN 05 Balesari. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu: (1) Mengembangkan media berbasis video animasi dalam proses pembelajaran, (2) Mengetahui kelayakan video animasi pada penerapan saat proses pembelsajaran apakah mampu meningkatkan minat belajar siswa atau tidak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Produk yang dikembangkan yaitu media VIDAM (Video Animasi), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN 05 Balesari dengan jumlah 13 siswa. Teknik dan instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk mengukur peningkatan minat menggunakan teknik before after. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media VIDAM (Video Animasi) layak digunakan sebagai medi pembelajaran dengan validasi ahli materi sebesar 100% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli media 1 sebesar 82% dengan kriteria valid, dan validasi ahli media 2 sebesar 98% dengan kriteria sangat valid. Media VIDAM dapat meningkatkan minat belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil angket minat siswa dimana pada kelompok kecil hasil minat before sebesar 61% dan after sebesar 87% sehingga peningkatan minat belajar pada kelompok kecil sebesar 26%, sedangkan pada kelompok besar hasil minat before sebesar 62,25% dan after 88,25% sehingga peningkatan minat belajar pada kelompok besar sebesar 26%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media VIDAM dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas 3 SDN 05 Balesari.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Tety Nur Cholifah, Galih Ilham Saputro
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.