PROFIL LITERASI SAINS MAHASISWA PGSD DI MALANG

Penulis

  • Adzimatnur Muslihasari
  • Herawati Susilo Universitas Negeri Malang
  • Ibrohim Ibrohim Universitas Negeri Malang
  • Betty Lukiati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33379/primed.v2i2.1615

Kata Kunci:

PGSD, Literasi Sains

Abstrak

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling digunakan adalah random sampling. Instrumen penilaian literasi sains diperoleh dengan tes pilihan ganda yang mengacu pada indikator literasi sains menurut Gormally (2012). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata literasi sains mahasiswa PGSD adalah 58,31% dengan kriteria cukup. Literasi sains mahasiswa PGSD pada indikator mengidentifikasi pendapat ilmiah yang valid memiliki rerata skor 41,05%, melakukan penelusuran literatur yang efektif 49, 14%, memahahami elemen-elemen desain penelitian dan bagaimana dampaknya terhadap temuan/kesimpulan 59,32%, membuat grafik secara tepat dari data 57,34%, memecahkan masalah menggunakan keterampilan kuantitatif 63, 22%, memahami dan menginterpretasikan statistik dasar 65, 04%, serta melakukan inferensi, prediksi dan penarikan kesimpulan berdasarkan data kuantitatif sebesar 73, 06%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-08-27

Cara Mengutip

Muslihasari, A., Susilo, H. ., Ibrohim, I., & Lukiati, B. (2022). PROFIL LITERASI SAINS MAHASISWA PGSD DI MALANG. Primary Education Journal or Primary School Journal, 2(2), 137–143. https://doi.org/10.33379/primed.v2i2.1615

Terbitan

Bagian

Articles