PROFIL LITERASI SAINS MAHASISWA PGSD DI MALANG

Authors

  • Adzimatnur Muslihasari
  • Herawati Susilo Universitas Negeri Malang
  • Ibrohim Ibrohim Universitas Negeri Malang
  • Betty Lukiati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33379/primed.v2i2.1615

Keywords:

PGSD, Literasi Sains

Abstract

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling digunakan adalah random sampling. Instrumen penilaian literasi sains diperoleh dengan tes pilihan ganda yang mengacu pada indikator literasi sains menurut Gormally (2012). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata literasi sains mahasiswa PGSD adalah 58,31% dengan kriteria cukup. Literasi sains mahasiswa PGSD pada indikator mengidentifikasi pendapat ilmiah yang valid memiliki rerata skor 41,05%, melakukan penelusuran literatur yang efektif 49, 14%, memahahami elemen-elemen desain penelitian dan bagaimana dampaknya terhadap temuan/kesimpulan 59,32%, membuat grafik secara tepat dari data 57,34%, memecahkan masalah menggunakan keterampilan kuantitatif 63, 22%, memahami dan menginterpretasikan statistik dasar 65, 04%, serta melakukan inferensi, prediksi dan penarikan kesimpulan berdasarkan data kuantitatif sebesar 73, 06%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

27-08-2022

How to Cite

Muslihasari, A., Susilo, H. ., Ibrohim, I., & Lukiati, B. (2022). PROFIL LITERASI SAINS MAHASISWA PGSD DI MALANG. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 2(2), 137–143. https://doi.org/10.33379/primed.v2i2.1615