PENGEMBANGAN PRISMA KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33379/primed.v1i1.690Kata Kunci:
Media bergambar, Kemampuan MembacaAbstrak
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran prisma kata bergambar yang valid digunakan dalam pembelajaran materi Bahasa Indonesia, serta untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui implementasi media pembelajaran prisma kata bergambar. Agar pembelajaran semakin efektif dan efisien serta mampu meningkatkan antusias dalam proses belajar mengajar, dan tidak membuat siswa bosan saat proses pembelajaran dengan adanya media pembelajaran ini dapat mendukung pembelajaran. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian jenis RnD (Research and Development). Produk yang dikembangkan adalah benda hidup dan tak hidup di sekitarku. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Borg & Gall yang memiliki 10 tahapan akan tetapi diseminasi tidak dilakukan karena keterbatasan biaya dan waktu. Kemampuan membaca diukur dengan hasil pretest dan posttest sedangkan respon siswa diukur melalui data hasil wawancara kepada siswa kelas I di SD Negeri 1 Randugading. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran PRISKABAR valid diperoleh persentase 95%. Respon siswa juga meningkat, hal ini dilihat dari hasil wawancara terhadap siswa terkait penggunaan media PRISKABAR. Serta untuk hasil pretest dan posttest diperoleh persentase 84% yang menunjukkan kemampuan membaca siswa meningkat dengan materi benda hidup dan tak hidup. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi pihak sekolah maupun guru untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran sebagai media pendukung proses belajar mengajar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Indri Indah Safitri, Wuli Oktiningrum
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.