PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS NILAI KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 7 SUBTEMA 3
DOI:
https://doi.org/10.33379/primed.v1i1.692Kata Kunci:
Modul, Nilai Karkter, Hasil BelajarAbstrak
Permasalahan penelitian ini beranjak dari data penelitian yang menunjukkan materi pembelajaran tematik masih sangat terbatas. Bahan ajar berupa modul belum pernah digunakan dalam proses pembelajaran karena masih menggunakan buku paket tematik siswa serta materi pembelajaran dan konten bacaan dalam buku paket terkesan monoton. Dalam penelitian ini, mengembangkan bahan ajar berupa modul tematik berbasis nilai- nilai karakter yang layak dan valid untuk digunakan sebagai bahan ajar dan dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: (1)analysis; (2) design; (3) development; (4) implementation; (5) Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok terbatas dari siswa kelas IV SDN Pronojiwo 04 yang berjumlah 10 siswa. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan angket atau kuesioner dan pengukuran hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian Pengembangan Modul Tematik Berbasis Nilai- Nilai Karakter menunjukkan layak digunakan sebagai bahan ajar. Hal ini didasarkan pada skor penilaian yang diperoleh melalui skor penilaian dari ahli materi memperoleh persentase 81% dengan kriteria sangat layak, skor penilaian dari wali kelas IV memperoleh persentase 83% dengan kriteria sangat layak dan hasil dari respon siswa terhadap bahan ajar modul berbasis nilai- nilai karakter 91% dengan kriteria sangat layak. Hal ini dapat dikatakan bahwa media sangat layak dan valid digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan persentase peningkatan hasil belajar mencapai 80%.
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Khoirotul Ifa, Adzimatnur Muslihasari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.